“PENGARUH PENGHASILAN ORANG TUA
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA KATOLIK SEMINARI KAKASKASEN”
SKRIPSI
Disusun
Sebagai Salah Satu persyaratan dalam menyelesaikan studi pada
Program studi
strata 1. Bimbingan
Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas
Negeri Manado
OLEH
VICKY
NICOLAS ALBERT TEROK
16 102 014
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS NEGERI MANADO
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
TAHUN 2020
LEMBAR
PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN
JUDUL:
PENGARUH PENGHASILAN ORANG TUA
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA KATOLIK SEMINARI KAKASKASEN
VICKY NICOLAS ALBERT TEROK
16 102 014
Skripsi ini telah
diterima dan disetujui oleh Tim Pembimbing Skripsi untuk diajukan kepada
panitia ujian komprehensif guna memperoleh gelar sarjana pendidikan (S1) pada
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado.
Tomohon
2020
MENYETUJUI,
Pembimbing 1 Pembimbing 2
Drs. Hans F. Pontororing M.Pd Dr. Meisie L
Mangantes M.Pd
NIP. 19570828 198403 1 002 NIP.
19620616 198703 2 002
MENGESAHKAN,
Dekan Fakulas Ilmu Pendidikan Ketua Program Studi
BK
Dr. Mozes M. Wullur, M.Pd Dr. Meisie L Mangantes M.Pd
NIP. 19600310 198602 1 001 NIP.
19620616 198703 2 002
PERNYATAAN
KEASLIAN
Saya yang bertanda
tangan di bawah ini :
Nama : Vicky
Nicolas Albert Terok
NIM : 16 102 014
Fakultas : Ilmu
Pendidikan
Jurusan/Program studi : Psikologi Pendidikan Bimbingan /
Bimbingan
Konseling
Menyatakan
dengan sebenarnya bahwa skripsi ini benar-benar merupakan hasil karya saya
sendiri. Bebas dari peniruan terhadap karya orang lain. Kutipan, pendapat dan
tulisan orang lain ditunjukan sesuai dengan cara-cara penulisan karya ilmiah
yang berlaku.
Apabila
dikemudian hari tebukti atau dapat dibuktikan bahwa dalam skripsi ini
terkandung ciri-ciri plagiat dan bentuk-bentuk peniruan lain yang dianggap
melanggar peraturan maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut.
Tomohon,
2020
Yang
Membuat Peryataan
Vicky Nicolas Albert Terok
16 102 014
Motto :
-Stop procrastinating! success is
not the end and failure is not the beginning. Trust yourself, ignore those who
underestimate you, stop trying to be like them even when they "look"
better than you-
-Berhenti menunda-nunda!
kesuksesan bukanlah akhir dan kegagalan bukanlah awal. Percayalah pada diri
sendiri, abaikan mereka yang meremehkan Anda, berhenti berusaha untuk menjadi
seperti mereka bahkan ketika mereka "terlihat" lebih baik dari Anda-
Kupersembahkan
kepada :
1.
Tuhan Yesus yang Maha Esa, yang selalu menuntun dan
memberikan nafas hidup sehingga saya dapat terus beraktivitas.
2.
Ayahku Handri Terok dan Ibuku Selvie Sumendap tercinta yang telah memberikan pengorbanan dan perjuangan yang besar, serta doa tulus dalam menanti
keberhasilanku dengan penuh kesabaran,
serta cinta kasih yang sempurna untukku.
3.
Kakak dan Adikku tersayang Ansyella Terok, Ambrosius
Terok, Jimmy
Terok, dan Sweetly Teke yang selalu memberi kasih sayang, perhatian, doa, dukungan dan semangat
kepadaku selama menjalankan studi.
4.
Almamater tercinta, Universitas Negeri Manado
PENGARUH PENGHASILAN ORANG TUA TERHADAP HASIL
BELAJAR SISWA DI SMA KATOLIK SEMINARI KAKASKASEN
Bimbingan dan
Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado
E-mail: vcktrk@gmail.com
ABSTRAK
VICKY NICOLAS ALBERT TEROK 16 102 014.
2020.
Pengaruh penghasilan orang tua terhadap
hasil belajar siswa di SMA Katolik Seminari Kakaskasen. (Drs. Hans
Pontororing M.Pd), selaku pembimbing I dan (Dr. Meisie Mangantes, M.Pd) selaku
Pembimbing II.
Penelitian
ini bertujuan untuk mellihat pengaruh penghasilan orang tua terhadap hasil
belajar siswa di SMA Katolik Seminari Kakaskasen. Penghasilan orang tua
dimaksud pendapatan yang diterima oleh seseorang baik yang berasal dari
keterlibatan langsung dalam proses produksi atau tidak, yang dapat diukur
dengan uang dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pada suatu keluarga dalam
satu bulan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu mengetahui
pengaruh Penghasilan orang tua terhadap hasil belajar siswa di SMA Katolik
Seminari Kakaskasen. Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 400 orang.
Sampel dalam penelitian ini ditentukan 10% sehingga jumlah responden 40 orang
siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengelolaan data yaitu regresi
sederhana. Pengolahannya dengan menggunakan alat bantu komputer program SPPS For Windows.
Dari hasil perhitungan terhadap
penelitian ini diketahui bahwa r(tabel) 0,312 selain itu dalam
penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana diperoleh persamaan
regresi Y=42,860
+ 0,377 X dengan perbandingan penaikan kedua variabel secara kuantitatif adalah
1:0,377 perbandingan ini menunjukan bahwa apabila terjadi peningkatan sebesar
satu kali/unit pada variabel Penghasilan Orang Tua (X) maka akan terjadi
penaikan sebesar 0,377 pada varibel Hasil Belajar siswa (Y). Persamaan regresi
tersebut signifikan atau tidak akan diuji dengan menggunakan harga Fhitung pada taraf
signifikansi 0,05. Berarti Ha diterima dan Ho
ditolak. Yang menyimpulkan bahwa semakin tinggi Penghasilan Orang tua maka
semakin tinggi pula hasil belajar siswa yang akan dicapai.
Kata Kunci :Penghasilan Orang Tua, Hasil Belajar
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Tuhan, atas segala rahmat yang telah dilimpahakan
serta karunia-Nya, yang telah memberikan kemampuan serta
kesehatan, sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi ini dengan judul : “PENGARUH
PENGHASILAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA KATOLIK SEMINARI
KAKASKASEN”
Skripsi
ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Bimbingan
dan Konseling pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado. Penulis
juga menyadari selesainya skripsi ini bukan sepenuhnya kemampuan penulis,
melainkan karena penyertaan dari Tuhan, serta
berkat dukungan dan arahan dari semua pihak. Dalam kesempatan ini, penulis juga
ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. Prof.
Dr. Julyeta Paulina Amalia Runtuwene,
M.SI, DEA selaku Rektor
UNIMA yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi mahasiswa di Universitas Negeri Manado.
2. Prof.
Dr. Detje A. Katuuk, M.Pd., selaku Pembantu Rektor I
3.
Dr. Jeffry Tamboto, M.Pd., selaku Pembantu Rektor II
4.
Drs. Ronny Tuna. M.Pd.,selaku Pembantu Rektor III
5. Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNIMA Dr. Mozes M. Wullur, M.Pd
6. Drs.
Julduz. R. Paus, M.Pd, selaku
Pembantu Dekan I
7. Dr. Meisie L. Mangantes, M.Pd, selaku Pembantu Dekan II
8. Dr.
Mersty Rindengan, M.Pd, selaku
Pembantu Dekan III
9.
Dr. Meisie L. Mangantes, M.Pd,
sebagai Ketua Program Studi Bimbingan Konseling sekaligus selaku Pembimbing II,
yang telah banyak memberikan motivasi dan bimbingan dalam penulisan skripsi ini.
10. Dr. Arintje sundah M.Pd, selaku Sekretaris Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado.
11. Drs. Hans Pontororing M.Pd sebagai Pembimbing I yang
telah banyak memberikan ilmu dan masukkan kepada peneliti dengan penuh kesabaran membimbing
penulis sampai
selesai.
12. Para dosen-dosen, Drs. Dominicus Tinus, M.Pd, Dr. Wadjidi Marlian,
M.Si, Kons, Drs. Jasin Taher, M.Pd, Drs. Winnie K. F. Mirah, M.Pd, Drs.
Sukatma, M.Pd, Rinna Y. Kasenda, M.Pd,M.Teol, Deklay Nainggolan, ST, M.Pd, Mint
H. R. Aditama M.Pd, Suchartono Syam, S.Sos,M.Pd yang telah menanamkan
nilai-nilai positif dalam kehidupan penulis.
13. Seluruh bantuan BIDIKMISI, terima kasih sudah membantu dalam
pengadmistrasian keuangan dan pengetahuan saya sehingga saya menyelesaikan
studi ini.
14. Keluarga besar SMA Katolik Seminari Kakaskasen, Kepala Sekolah yang
telah memberikan izin penelitian, semua guru yang sangat membantu peneliti
untuk melakukan penelitian, tata usaha, serta siswa yang telah meluangkan
waktunya, “Semoga kalian lebih sukses kedepannya”.
15. Keluarga yang tercinta yang selalu setia dalam memberikan dukungan
motivasi dan tak henti-hentinya mendoakan keberhasilan saya. Terima kasih banyak.
16. Seluruh saudara yang aku sayangi, Kakak-kakak dan adik yang selalu memberi mendukung
dan mendoakan keberhasilan dalam penyelesaian studi.
17. Teman-teman
sekelas saya, terlebih Gea Sumangkut, Injilia Kalalo, Cindy Sadadang, Terima kasih atas doa dan kebersamaannya selama ini yang selalu menemani
memberikan motivasi dan banyak membantu penulis selama berstudi di UNIMA.
18. Terima
Kasih buat Reza O. Ratumbuisang S.Kom yang selalu memberikan semangat dan dukungan dalam penulisan skripsi ini.
19. Terakhir,
penulis hendak menyapa setiap nama yang tidak dapat penulis cantumkan satu per
satu, terima kasih atas doa yang senantiasa mengalir tanpa sepengetahuan
penulis. Terima kasih sebanyak-banyaknya kepada orang-orang yang turut bersuka
cita atas keberhasilan penulis menyelesaikan Skripsi ini.
Akhirnya,
segala puji syukur hanya bagi Tuhan yang maha Esa yang telah memberi kemampuan
akal pikiran, pengetahuan, kepandaian, kesehatan, terlebih kesempatan kepada
penulis sehingga dapat meraih sukses dalam penyelesaian studi.
Tomohon, 2020 Penulis,
Vicky N. A. Terok NIM. 16 102 014 |
DAFTAR
ISI
LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN…………………………………..i
PERNYATAAN KEASLIAN…………………………………………………...……ii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN……………………………………………….…..iii
ABSTRAK……………………………………………………………………………iv
KATA PENGANTAR…………………………………………………………….…..v
BAB I………………………………………………………………………………….1
PENDAHULUAN…………………………………………………………………….1
A. LATAR
BELAKANG…………………………………………………….1
B. IDENTIFIKASI
MASALAH……………………………………………..5
C. PEMBATASAN
MASALAH………………………………………....….5
D. RUMUSAN
MASALAH………………………………………………….5
E. TUJUAN
PENELITIAN………………………………………………….6
F. MANFAAT
PENELITIAN……………………………………………….6
BAB II………………………………………………………………………………...7
KAJIAN TEORI………………………………………………………………………7
A. HASIL
BELAJAR…………………………………………………….......7
B. PENGHASILAN
ORANG TUA……………………………………...…13
C. HIPOTESIS……………………………………………………………...17
BAB III………………………………………………………………………………18
METODOLOGI PENELITIAN……………………………………………………..18
A. PENDEKATAN
PENELITIAN…………………………………………18
B. DEFINISI
OPERASIONAL……………………………………………..18
C. POPULASI
DAN SAMPEL……………………………………………..20
D. PARADIGMA
PENELITIAN…………………………………………...20
E. TEKNIK
PENGUMPULAN DATA…………………………………….21
F. TEKNIK
ANALISIS DATA…………………………………………….22
G. TEMPAT
DAN WAKTU…………………………………………….….22
BAB IV………………………………………………………………………………23
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN……………………………………...23
A. HASIL
ANALISIS DATA PENELITIAN………………………………23
B. PEMBAHASAN…………………………………………………………27
BAB V…………………………………………………………………………….…28
KESIMPULAN DAN SARAN………………………………………………...........28
A. KESIMPULAN………………………………………………………….28
B. SARAN………………………………………………………………….28
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………..31
LAMPIRAN…………………………………………………………………………33
LAMPIRAN
1. ANGKET VARIABEL X…………………………………..34
LAMPIRAN
2. UJI VALIDITAS DAN UJI RELIABILITAS……..……….36
LAMPIRAN
3. RINGKASAN HASIL UJI COBA INTRUMENT…………39
LAMPIRAN
4. HASIL UJI NORMALITAS (P-PLOT)………………...….42
LAMPIRAN
5. HASIL UJI LINEARITAS…………………………………45
LAMPIRAN
6. HASIL UJI REGRESI SEDERHANA……………………..46
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 3.1 (Paradigma
Penelitian)…………………………………………………20
Gambar 4.1 ( Uji Normalitas (x)
)…………………………………………………...23
Gambar 4.2 ( Uji Normalitas (y)
)…………………………………………………...24
DAFTAR
TABEL
Table 3.1 (Metode kuesioner)………………………………………………………21
Table 4.1 ( Anova Table)…………………………………………………………...25
good
BalasHapus