Kamis, 14 Mei 2020

SKRIPSI MAHASISWA BK UNIMA 2020


PENGARUH PENGHASILAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA KATOLIK SEMINARI KAKASKASEN

 

 


 

 

 

SKRIPSI

 

Disusun Sebagai  Salah Satu persyaratan dalam menyelesaikan studi pada

Program studi strata 1. Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Manado

OLEH

VICKY NICOLAS ALBERT TEROK

16 102 014

 

 

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

UNIVERSITAS NEGERI MANADO

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING

TAHUN 2020




LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN

JUDUL:

PENGARUH PENGHASILAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA KATOLIK SEMINARI KAKASKASEN

 

VICKY NICOLAS ALBERT TEROK

16 102 014

 

Skripsi ini telah diterima dan disetujui oleh Tim Pembimbing Skripsi untuk diajukan kepada panitia ujian komprehensif guna memperoleh gelar sarjana pendidikan (S1) pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado.

                                Tomohon                    2020

 

 

MENYETUJUI,

           Pembimbing 1                                                          Pembimbing 2

 

 

Drs. Hans F. Pontororing M.Pd                              Dr. Meisie L Mangantes M.Pd

NIP. 19570828 198403 1 002                            NIP. 19620616 198703 2 002                                                               

 

 

MENGESAHKAN,

Dekan Fakulas Ilmu Pendidikan                                Ketua Program Studi BK

 

 

Dr. Mozes M. Wullur, M.Pd                                  Dr. Meisie L Mangantes M.Pd

NIP. 19600310 198602 1 001                                 NIP. 19620616 198703 2 002



PERNYATAAN KEASLIAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                      : Vicky Nicolas Albert Terok

NIM                                        : 16 102 014

Fakultas                                  : Ilmu Pendidikan

Jurusan/Program studi                          : Psikologi Pendidikan Bimbingan / Bimbingan

                                                  Konseling

 

Menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi ini benar-benar merupakan hasil karya saya sendiri. Bebas dari peniruan terhadap karya orang lain. Kutipan, pendapat dan tulisan orang lain ditunjukan sesuai dengan cara-cara penulisan karya ilmiah yang berlaku.

Apabila dikemudian hari tebukti atau dapat dibuktikan bahwa dalam skripsi ini terkandung ciri-ciri plagiat dan bentuk-bentuk peniruan lain yang dianggap melanggar peraturan maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut.

 

Tomohon,                   2020

Yang Membuat Peryataan

 

                                                                                    Vicky Nicolas Albert Terok

            16 102 014

 

 MOTTO  DAN  PERSEMBAHAN

Motto :

-Stop procrastinating!  success is not the end and failure is not the beginning. Trust yourself, ignore those who underestimate you, stop trying to be like them even when they "look" better than you-

 

-Berhenti menunda-nunda! kesuksesan bukanlah akhir dan kegagalan bukanlah awal. Percayalah pada diri sendiri, abaikan mereka yang meremehkan Anda, berhenti berusaha untuk menjadi seperti mereka bahkan ketika mereka "terlihat" lebih baik dari Anda-

 

Kupersembahkan kepada :

 

1.        Tuhan Yesus yang Maha Esa, yang selalu menuntun dan memberikan nafas hidup sehingga saya dapat terus beraktivitas.

2.       Ayahku Handri Terok dan Ibuku Selvie Sumendap tercinta yang telah memberikan pengorbanan dan perjuangan yang besar, serta doa tulus dalam menanti keberhasilanku dengan penuh kesabaran, serta cinta kasih yang sempurna untukku.

3.       Kakak dan Adikku tersayang Ansyella Terok, Ambrosius Terok, Jimmy Terok, dan Sweetly Teke yang selalu memberi kasih sayang, perhatian, doa, dukungan dan semangat kepadaku selama menjalankan studi.

4.       Almamater tercinta, Universitas Negeri Manado




PENGARUH PENGHASILAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA KATOLIK SEMINARI KAKASKASEN

 

Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado

E-mail: vcktrk@gmail.com

 

 

ABSTRAK

 

VICKY NICOLAS ALBERT TEROK 16 102 014. 2020.

Pengaruh penghasilan orang tua terhadap hasil belajar siswa di SMA Katolik Seminari Kakaskasen. (Drs. Hans Pontororing M.Pd), selaku pembimbing I dan (Dr. Meisie Mangantes, M.Pd) selaku Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mellihat pengaruh penghasilan orang tua terhadap hasil belajar siswa di SMA Katolik Seminari Kakaskasen. Penghasilan orang tua dimaksud pendapatan yang diterima oleh seseorang baik yang berasal dari keterlibatan langsung dalam proses produksi atau tidak, yang dapat diukur dengan uang dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pada suatu keluarga dalam satu bulan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu mengetahui pengaruh Penghasilan orang tua terhadap hasil belajar siswa di SMA Katolik Seminari Kakaskasen. Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 400 orang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan 10% sehingga jumlah responden 40 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengelolaan data yaitu regresi sederhana. Pengolahannya dengan menggunakan alat bantu komputer program SPPS For Windows.

            Dari hasil perhitungan terhadap penelitian ini diketahui bahwa r(tabel) 0,312 selain itu dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y=42,860 + 0,377 X dengan perbandingan penaikan kedua variabel secara kuantitatif adalah 1:0,377 perbandingan ini menunjukan bahwa apabila terjadi peningkatan sebesar satu kali/unit pada variabel Penghasilan Orang Tua (X) maka akan terjadi penaikan sebesar 0,377 pada varibel Hasil Belajar siswa (Y). Persamaan regresi tersebut signifikan atau tidak akan diuji dengan menggunakan harga Fhitung pada taraf signifikansi 0,05. Berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Yang menyimpulkan bahwa semakin tinggi Penghasilan Orang tua maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa yang akan dicapai.

 

Kata Kunci :Penghasilan Orang Tua, Hasil Belajar 




KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan, atas segala rahmat yang telah dilimpahakan serta karunia-Nya, yang telah memberikan kemampuan serta kesehatan, sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi ini dengan judul : “PENGARUH PENGHASILAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA KATOLIK SEMINARI KAKASKASEN”

Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Bimbingan dan Konseling pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado. Penulis juga menyadari selesainya skripsi ini bukan sepenuhnya kemampuan penulis, melainkan karena penyertaan dari Tuhan, serta berkat dukungan dan arahan dari semua pihak. Dalam kesempatan ini, penulis juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1.     Prof. Dr. Julyeta Paulina Amalia Runtuwene, M.SI, DEA selaku Rektor UNIMA yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi mahasiswa di Universitas Negeri Manado.

2.     Prof. Dr. Detje A. Katuuk, M.Pd., selaku Pembantu Rektor I

3.     Dr. Jeffry  Tamboto, M.Pd., selaku Pembantu Rektor II

4.     Drs. Ronny Tuna. M.Pd.,selaku Pembantu Rektor  III

5.     Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan  UNIMA Dr. Mozes M. Wullur, M.Pd

6.     Drs. Julduz. R. Paus, M.Pd, selaku Pembantu Dekan I

7.     Dr. Meisie L. Mangantes, M.Pd, selaku Pembantu Dekan II

8.     Dr. Mersty Rindengan, M.Pd, selaku Pembantu Dekan III

9.     Dr. Meisie L. Mangantes, M.Pd, sebagai Ketua Program Studi Bimbingan Konseling sekaligus selaku Pembimbing II, yang telah banyak memberikan motivasi dan bimbingan dalam penulisan skripsi ini.

10.  Dr. Arintje sundah M.Pd, selaku Sekretaris Program Studi Bimbingan dan Konseling     Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado.

11.  Drs. Hans Pontororing M.Pd sebagai Pembimbing I yang telah banyak memberikan   ilmu dan masukkan kepada peneliti dengan penuh kesabaran membimbing penulis   sampai selesai.

12.  Para dosen-dosen, Drs. Dominicus Tinus, M.Pd, Dr. Wadjidi Marlian, M.Si, Kons, Drs. Jasin Taher, M.Pd, Drs. Winnie K. F. Mirah, M.Pd, Drs. Sukatma, M.Pd, Rinna Y. Kasenda, M.Pd,M.Teol, Deklay Nainggolan, ST, M.Pd, Mint H. R. Aditama M.Pd, Suchartono Syam, S.Sos,M.Pd yang telah menanamkan nilai-nilai positif dalam kehidupan penulis.

13.  Seluruh bantuan BIDIKMISI, terima kasih sudah membantu dalam pengadmistrasian keuangan dan pengetahuan saya sehingga saya menyelesaikan studi ini.

14.  Keluarga besar SMA Katolik Seminari Kakaskasen, Kepala Sekolah yang telah memberikan izin penelitian, semua guru yang sangat membantu peneliti untuk melakukan penelitian, tata usaha, serta siswa yang telah meluangkan waktunya, “Semoga kalian lebih sukses kedepannya”.

15.   Keluarga yang tercinta yang selalu setia dalam memberikan dukungan motivasi dan tak henti-hentinya mendoakan keberhasilan saya. Terima kasih banyak.

16.  Seluruh saudara yang aku sayangi, Kakak-kakak dan adik yang selalu memberi mendukung dan mendoakan keberhasilan dalam penyelesaian studi.

17.  Teman-teman sekelas saya, terlebih Gea Sumangkut, Injilia Kalalo, Cindy Sadadang, Terima kasih atas doa dan kebersamaannya selama ini yang selalu menemani memberikan motivasi dan banyak membantu penulis selama berstudi di UNIMA.

18.  Terima Kasih buat Reza O. Ratumbuisang S.Kom yang selalu memberikan semangat dan dukungan dalam penulisan skripsi ini.

19.  Terakhir, penulis hendak menyapa setiap nama yang tidak dapat penulis cantumkan satu per satu, terima kasih atas doa yang senantiasa mengalir tanpa sepengetahuan penulis. Terima kasih sebanyak-banyaknya kepada orang-orang yang turut bersuka cita atas keberhasilan penulis menyelesaikan Skripsi ini.

 

Akhirnya, segala puji syukur hanya bagi Tuhan yang maha Esa yang telah memberi kemampuan akal pikiran, pengetahuan, kepandaian, kesehatan, terlebih kesempatan kepada penulis sehingga dapat meraih sukses dalam penyelesaian studi.

Tomohon, 2020                 

Penulis,

 

Vicky N. A. Terok

NIM. 16 102 014




 

 








DAFTAR ISI

 

LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN…………………………………..i

PERNYATAAN KEASLIAN…………………………………………………...……ii

MOTTO DAN PERSEMBAHAN……………………………………………….…..iii

ABSTRAK……………………………………………………………………………iv

KATA PENGANTAR…………………………………………………………….…..v

 

BAB I………………………………………………………………………………….1

PENDAHULUAN…………………………………………………………………….1

A.    LATAR BELAKANG…………………………………………………….1

B.    IDENTIFIKASI MASALAH……………………………………………..5

C.    PEMBATASAN MASALAH………………………………………....….5

D.    RUMUSAN MASALAH………………………………………………….5

E.     TUJUAN PENELITIAN………………………………………………….6

F.     MANFAAT PENELITIAN……………………………………………….6

BAB II………………………………………………………………………………...7

KAJIAN TEORI………………………………………………………………………7

A.    HASIL BELAJAR…………………………………………………….......7

B.    PENGHASILAN ORANG TUA……………………………………...…13

C.    HIPOTESIS……………………………………………………………...17

BAB III………………………………………………………………………………18

METODOLOGI PENELITIAN……………………………………………………..18

A.    PENDEKATAN PENELITIAN…………………………………………18

B.    DEFINISI OPERASIONAL……………………………………………..18

C.    POPULASI DAN SAMPEL……………………………………………..20

D.    PARADIGMA PENELITIAN…………………………………………...20

E.     TEKNIK PENGUMPULAN DATA…………………………………….21

F.     TEKNIK ANALISIS DATA…………………………………………….22

G.    TEMPAT DAN WAKTU…………………………………………….….22

BAB IV………………………………………………………………………………23

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN……………………………………...23

A.    HASIL ANALISIS DATA PENELITIAN………………………………23

B.    PEMBAHASAN…………………………………………………………27

BAB V…………………………………………………………………………….…28

KESIMPULAN DAN SARAN………………………………………………...........28

A.    KESIMPULAN………………………………………………………….28

B.    SARAN………………………………………………………………….28

DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………..31

LAMPIRAN…………………………………………………………………………33

            LAMPIRAN 1. ANGKET VARIABEL X…………………………………..34

            LAMPIRAN 2. UJI VALIDITAS DAN UJI RELIABILITAS……..……….36

            LAMPIRAN 3. RINGKASAN HASIL UJI COBA INTRUMENT…………39

            LAMPIRAN 4. HASIL UJI NORMALITAS (P-PLOT)………………...….42

            LAMPIRAN 5. HASIL UJI LINEARITAS…………………………………45

            LAMPIRAN 6. HASIL UJI REGRESI SEDERHANA……………………..46

 

DAFTAR GAMBAR

Gambar 3.1 (Paradigma Penelitian)…………………………………………………20

Gambar 4.1 ( Uji Normalitas (x) )…………………………………………………...23

Gambar 4.2 ( Uji Normalitas (y) )…………………………………………………...24

 

DAFTAR TABEL

Table 3.1 (Metode kuesioner)………………………………………………………21

Table 4.1 ( Anova Table)…………………………………………………………...25

 


1 komentar: